Terima Kasih, Pejuang Indonesia!

HUT RI 71

Berbagai perayaan setiap tanggal 17 Agustus digelar dengan meriah sebagai tanda sukacita sebagaimana luapan rasa gembira saat proklamasi kemerdekaan dikumandangkan 71 tahun yang lalu, dimana semua berbahagia untuk merayakan keberhasilan perjuangan mereka sambil berseru, “Merdeka!”

Lalu, apakah perjuangan untuk negeri ini berhenti sampai di situ saja? Tidak!

Para pejuang Indonesia terdahulu mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan negeri tanpa mengenal lelah. Namun kini pejuang Indonesia harus bekerja lebih keras lagi mempertahankan kemerdekaan tersebut. Dan kitalah pejuang itu, pejuang modern.

Merdeka bukan semata-mata terbebas dari belenggu jajahan negeri asing. Diantara kita masih banyak yang berjuang untuk mendapatkan apa yang seharusnya menjadi haknya, salah satunya seperti yang tertuang dalam Miracle of Life (Sandiwara Upik Abu) yang mengisahkan perjuangan nyata para pejuang devisa negara di negeri Pearl of Orient.

Di sana, mereka berjuang demi sebuah harapan untuk memerdekakan kehidupan keluarga. Namun perjuangan mereka tak semulus yang diimpikan. Justru mereka harus berjuang untuk memerdekakan diri mereka sendiri.

Kisah pejuang-pejuang modern lainnya bisa disimak dalam Kepak Sayap, antologi kisah nyata dari 22 perempuan Indonesia yang memiliki tekad bulat dan keberanian luar biasa untuk meninggalkan segala kenyamanan dan kemudahan di negeri sendiri. Mereka mengepakkan sayap, menembus batas lime benua, terbang ke tempat asing untuk menjalani hari-hari baru dengan berbagai hal baru nan rumit. Meskipun begitu, mereka tetap berjuang untuk kembali ke tanah air.

Walau perjuangan mereka berbeda dengan para pejuang terdahulu. Namun dari keduanya, semangat mereka patut kita contoh. Terima kasih para pejuang Indonesia yang telah memberikan inspirasi untuk merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *