Review Audiobook: Petuah Pohon

petuah-pohon-quote-listeno

Dalam sebatang pohon terkandung berbagai makna kehidupan seperti yang tersaji dalam buku Petuah Pohon karya Zia Ul Haq yang diterbitkan oleh Diandra Creative tahun 2015. Dalam buku setebal 204 halaman ini menghadirkan berbagai makna kehidupan yang terhidang dalam hal-hal sederhana di sekitar manusia. Sang penulis menyebutnya sebagai sajian kearifan dalam kisah dan fenomena alamiah.

Lahir di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Zia Ul Haq yang tertarik pada dunia pendidikan, pesantren, dan perdamaian kini masih terus menimba ilmu kebijaksanaan di Yogyakarta. Selain menjadi penulis, pemuda yang biasanya dipanggil Zia ini juga merupakan seorang blogger. Bersama beberapa kawannya, Zia sibuk menebarkan inspirasi dan kedamaian melalui sebuah situs yang dikelolanya.

Sesuai judulnya, Petuah Pohon terbagi dalam tiga bagian, yaitu Akar, Batang dan Cabang. Pada bagian Akar menyajikan 14 analogi sederhana tentang kearifan dalam fenomena alam. Bagian Batang menuturkan 11 fabel sarat kebijaksanaan dan anekdot singkat tentang pola pikir. Sedangkan bagian Cabang menghadirkan 10 potongan kisah inspiratif anak manusia dalam menghadapi problematika kehidupannya.

petuah-pohon-cover-listeno

“Pepohonan tak seperti manusia, ia tak punya kemampuan ‘tuk serakah. Hanya sebatas apa yang bisa djangkau akar dan digapai dedaunan”

Pada bagian Akar, Petuah Pohon menyajikan bagaimana kehidupan kita sebagai manusia sama dengan pohon yang selalu tumbuh di mana ia ditanam. Meski sebatang pohon kelihatan diam tak bicara, namun diam-diam mencontohkan perilaku positif yang bahkan manusia belum tentu bisa meneladaninya, salah satunya tentang kerendahhatian.

Salah satu sajian di bagian Batang menegaskan bagaimana ketenangan jiwa bisa membuat seseorang mengolah kecerdasan akal untuk memanfaatkan daya material yang dimiliki meskipun terbatas. Selain itu, ketenangan dan penataan cara pandang merupakan keserasian yang mampu mengubah sesuatu yang berpotensi melahirkan hal negatif menjadi hal positif.

Sedangkan di bagian Cabang berisi kisah-kisah inspiratif yang bisa menginspirasi hidupmu biar gak terus menerus gersang. Seperti apa kisahnya?

Jawabannya hanya ada di sini karena Petuah Pohon sudah tersedia di Listeno dalam bentuk audio yang dinarasikan oleh Jeci Gracietta. Dengerin Petuah Pohon dan nikmati sajian kearifannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *