Review Audiobook Anak Pohon

anak pohon cover

Anak Pohon, sebuah buku karya Haditha Mohamad, pemuda asal Bojonegoro yang sudah memendam keinginan untuk menjadi seorang penulis semenjak duduk di bangku SMP. Rupanya sang waktu memberikan jawaban secara perlahan namun pasti untuk mewujudkan keinginannya tersebut pada tahun 2011, dimana Haditha mulai iseng untuk memasuki dunia tulis menulis.

Hasilnya, Anak Pohon menjadi buku pertama Haditha yang diterbitkan Fantasious pada Desember 2015. Kini versi audio Anak Pohon sudah tersedia di aplikasi Listeno dan bisa kamu dengerin kapan saja, dimana saja.

Menilik judulnya, diantara kalian pasti akan membayangkan sebuah cerita yang berhubungan dengan pohon maupun alam. Bukan!

Bersiaplah untuk berdebar-debar saat dengerin buku Anak Pohon karena ada Nuansa Aruna dan Djabrik yang akan mengajak kalian untuk berpaling sejenak dari sensasi buku bergenre romance.

Kata-kata indah adalah seni tertinggi. Bisa  sekaligus bermakna dan juga hampa, tergantung kepada siapakah kata-kata itu dilontarkan.

Nuansa adalah seorang gadis bermata mungil nan jernih yang suka menyendiri. Dia hanya memiliki seorang teman bernama Djabrik, seorang kawan karib berambut keribo yang lihai membikin sketsa.

Dengan setia, Djabrik selalu membuatkan sketsa tentang berbagai makhluk berwujud aneh yang kerap mendatangi Nuansa lewat mimpi.

Bukannya takut, Nuansa justru merasa menjadi bagian dari para makhluk tersebut. Dia pun semakin dalam terlibat di kehidupan mereka dan hal tersebut melemparkan ingatannya ke sebuah peristiwa beberapa tahun silam, dimana anak-anak perempuan  berusia delapan tahun menghilang pada sore hari di dekat sebuah pohon keramat.

Pohon keramat itu berbentuk aneh dengan batang utama sebesar tiga kali ukuran badan orang dewasa, ranting dan cabang-cabangnya saling berkelindan mirip sarang di dalam pohon, daunnya hijau gelap dan puncak pohonnya berbentuk menyerupai payung.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Nuansa?

Meski audiobook ini bergenre misteri dan Haditha memang suka menulis cerita horor lokal, namun dia mengemasnya dengan nuansa penceritaan fantasi dan ragam isu social, dimana dia ingin menonjolkan nuansa lokal dalam jagat fantasi Indonesia.

Anak Pohon berseting di Dusun Klumpang, Kebonagung yang bakal kerasa detailnya saat kamu dengerin buku ini. Begitu juga dengan para tokohnya. Setiap adegan dalam cerita ini disajikan dengan natural, namun tetap saja cukup membikin bulu kuduk merinding.

Adalah pohon kehidupan yang muncul di setiap zaman kehidupan manusia. Mencoba menyeimbangkan alam dan menyuburkan tanah bumi. Tidak cukup tumbuh sendiri, pohon kehidupan melahirkan telur yang nantinya menjadi anak-anak dengan peran yang telah ditentukan.

Di antara kisah yang bakal membuatmu bergidik ini, sang penulis juga menyelipkan pesan-pesan moral, diantaranya bagaimana kita harus berinteraksi dengan semua yang ada di sekitar kita hingga ajakan untuk menanam pohon.

pin anak pohon

Audiobook Anak Pohon karya Haditha Mohamad ini cocok bagi kamu yang menyukai cerita berlatar lokal dengan bumbu misteri dan mistik.

Dengerin buku Anak Pohon karya Haditha ini dan bersiaplah untuk menjelajahi sebuah peristiwa yang tak akan terlupakan bersama Nuansa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *