Manfaat Mendengarkan Dongeng Bagi Si Kecil

listen (48)x

Sudah tak diragukan lagi, dongeng menjadi satu hal yang disukai anak-anak. Banyak dongeng anak yang sudah ada sejak dahulu dan turun temurun didongengkan hingga kini. Di setiap dongeng tersebut selalu tersimpan pesan moral yang patut diajarkan kepada anak-anak.

Memperdengarkan sebuah dongeng bisa dimulai sejak si kecil masih berada di dalam kandungan. Setelah si kecil  lahir, kebiasaan baik ini bisa tetap dilanjutkan. Selain menyenangkan, aktivitas ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat, diantaranya:

Memperbanyak Kosakata
Dengan mendengarkan dongeng, otak si kecil akan merekam berbagai kata yang ia dengar sehingga bisa memperbanyak koleksi kosakata di dalam otaknya. Dengan mengenal dan memiliki banyak kosakata akan sangat membantu si kecil dalam berbicara. Semakin banyak ia mendengar, maka ia akan semakin mudah untuk berbicara.

Membantu Perkembangan Kemampuan Logika
Pada awal mendengarkan dongeng, tentu si kecil tidak akan mengerti isi ceritanya. Untuk itu, ayah dan bunda bisa memperdengarkan cerita yang sama kepada si kecil secara berulang-ulang. Mendengarkan cerita yang sama beberapa kali akan membuat si kecil memahami dan menyadari adanya alur cerita sehingga hal tersebut dapat membantu perkembangan kemampuan logikanya.

Menstimulasi Otak dan Daya Imajinasi
Dengan mendengarkan dongeng, otak si kecil akan terstimulasi untuk memvisualisasikan alur ceritanya. Si kecil akan memiliki theather in mind dengan membayangkan berbagai tokoh dan adegan dalam dongeng yang ia dengar sehingga daya imajinasinya juga akan terstimulasi. Hal ini tidak akan didapatkan pada saat si kecil menonton televisi.

Mengenal Nilai-nilai Moral dan Budaya Lain
Di Indonesia sendiri terdapat beragam dongeng anak yang cocok untuk diperdengarkan kepada si kecil. Di samping ceritanya menarik, dongeng-dongeng tersebut juga mengandung pesan-pesan moral yang layak untuk dikenalkan sejak dini. Selain itu, ada banyak dongeng dari berbagai negara di dunia yang tak kalah seru untuk disimak. Dengan mendengarkan dongeng dari daerah atau negara lain, si kecil akan mengenal beragam budaya.

Relaksasi dan Mengembangkan Emosi
Sambil mendengarkan dongeng, si kecil bisa melibatkan emosinya mengikuti alur cerita. Misalnya pada saat ada adegan lucu, ia akan ikut tertawa. Pada saat yang bersamaan, si kecil akan merasa rileks. Terlebih saat mendengarkan dongeng ketika akan tidur, maka si kecil akan cepat terlelap karenanya.

Menilik berbagai manfaat yang ada, ayah bunda tidak perlu ragu lagi untuk mendongengkan berbagai cerita anak kepada si kecil. Ada banyak referensi yang bisa digunakan untuk mendongeng, salah satunya dengan memperdengarkan dongeng dan cerita anak dari aplikasi Listeno. Jadi, jangan lupa mendongeng untuk si kecil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *