Kenapa Dengerin Buku?

listen (9)

Era digital yang terus berkembang hingga saat ini memberikan banyak ruang bagi berbagai hal untuk bertransformasi, salah satunya adalah buku. Dari buku cetak yang biasa kita baca, buku digital dengan bermacam format pun sudah bisa kita temukan dengan mudah. Selain itu, kini juga sudah banyak tersedia perangkat pemutar buku digital tersebut. Sebut saja smartphone.

Berbagai inovasi teknologi telah membantu terciptanya buku digital yang perkembangannya sangat pesat di dunia publishing. Buku-buku digital menawarkan berbagai keuntungan dibandingkan dengan buku cetak.

Audiobook merupakan salah satu format buku digital, dimana kita bisa mendengarkan buku yang dinarasikan oleh narator. Berikut adalah keuntungan yang ditawarkan oleh audiobook.

Fleksibel dan Nyaman
Mendengarkan buku bisa dilakukan kapan saja dan tentunya bisa dimana saja, bahkan ketika kita memiliki busy lifestyle alias selalu disibukkan dengan bermacam aktivitas. Mendengarkan buku dengan genre yang kamu sukai bisa menjadi pilihan cerdas ketika kamu sedang berjalan-jalan, jogging, beres-beres rumah, ngantri di kasir, memasak ataupun baru nunggu giliran di ruang tunggu.

Literatur digital cocok bersanding dengan musik favoritmu dalam perangkat pemutar digital yang kamu miliki. Meski begitu, tetap harus diingat ya, bagi yang memiliki pekerjaan beresiko dan menuntut konsentrasi tingkat tinggi, seperti operator mesin atau alat berat, sebaiknya tidak melakukan hal ini.

Hands Free
Jika membaca buku cetak, tentunya kamu harus memegangi buku tersebut. Sedangkan dengan mendengarkan buku, kamu cukup mendengarkan sang narator membacakan buku dan kamu bisa mengerjakan pekerjaan lainnya sambil dengerin buku favoritmu.

Menghibur
Sejumlah audiobook ada yang dibacakan oleh narator profesional dengan kemampuan vokal yang unik sehingga suaranya berubah-ubah mengikuti setiap adegan cerita yang dinarasikan sehingga hal tersebut memberikan warna tersendiri ketika kamu mendengarkan buku. Berbagai sound effect yang biasanya terdapat dalam audiobook untuk anak-anak juga akan memberikan nuansa tersendiri.

Mudah Didapat dan Eyes Friendly
Untuk mendapatkan buku versi cetak, setidaknya kamu perlu pergi ke toko buku atau memesan secara online dan harus menunggu beberapa hari hingga buku tersebut sampai di tanganmu. Namun tidak begitu dengan buku versi audio. Kamu cukup streaming dari smartphone atau membelinya. Tinggal klik dan download, maka kamu sudah bisa mendengarkan buku favoritmu.

Membaca buku, terlebih dalam waktu lama, bisa menyebabkan ketegangan otot mata sehingga mata akan teriritasi. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika kamu mendengarkan buku.

Meningkatkan kemampuan mendengar
Ketika seseorang mendengarkan sebuah buku dalam bahasa ibunya, maka ia mengembangkan kemampuan mendengar, sebagaimana meningkatkan jumlah kosakata yang dimiliki, seperti halnya salah satu manfaat mendongeng bagi si kecil yang pernah terangkum dalam artikel sebelumnya, yaitu memperbanyak kosakata. Demikin juga ketika orang tersebut mendengarkan buku suara dalam bahasa asing, maka ia akan menyerap berbagai kosakata baru.

Ngirit Tempat
Bagi pecinta buku, koleksi buku yang ia miliki biasanya selalu memenuhi ruang di dalam tempat tinggalnya, sampai-sampai harus membuatkan ruang khusus untuk menyimpannya jika jumlah buku-buku tersebut sudah berlebih. Tentunya hal ini tidak akan terjadi dengan memiliki audiobook. Kamu hanya membutuhkan ruang di ponsel atau kartu memori, bukan ruang di rumah.

Tanpa Batas
Dengan memiliki dan mendengarkan audiobook, kita tak perlu mengkhawatirkan buku rusak seperti kertas sobek, lembaran-lembaran bukunya menguning atau bahkan dimakan rayap jika tidak disimpan dalam tempat dengan kondisi ideal. Audiobook yang merupakan buku digital tentu saja disimpan secara digital dan bisa di back up dengan mudah, serta bisa tetap utuh dengan berada di lokasi penyimpanan digital.

Itu tadi sejumlah hal menarik yang ditawarkan oleh audiobook yang. Hari gini masih ragu untuk dengerin buku? Coba instal aplikasi Listeno dan kamu bakal merasakan asyiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *