Earth Hour 2016: Satu Jam Untuk Dunia

show your action to save our planet our future

Earth Hour bakal digelar lagi pada hari Sabtu, 19 Maret 2016 dan tahun ini menjadi tahun kedelapan di Indonesia. Kampanye yang mengajak seluruh warga dunia untuk menghemat energi untuk melawan perubahan iklim di duna dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam mulai pukul 20.30 hingga 21.30 pada waktu setempat.

Konferensi persi aksi kampanye Earth Hour 2016 sudah dilangsungkan pada tanggal 15 Maret 2016 yang bertempat di Rama Shinta Garden Rest Prambanan Yogyakarta. Selain memadamkan lampu, setiap wilayah di Indonesia yang berpartisipasi dalam aksi kampanye untuk melawan perubahan iklim di dunia ini memiliki tema dan aksi yang berbeda-beda.

Yogyakarta misalnya, mengusung tema Shine a Light on Climate Action dengan menjadikan Candi Prambanan dan Borobudur sebagai ikon Earth Hour 2016 di Kota Budaya ini. Nantinya, lampu yang biasa menerangi dua warisan bersejarah ini akan dipadamkan pada pukul 20.30-21.30 WIB. Sedangkan perayaan Earth Hour 2016 untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya akan berpusat di Lapangan Aksobya Candi Borobudur pada 19 Maret 2016 mulai pukul 19.30 WIB.

Wilayah Jawa Timur memiliki tema Shine a Light on Greener East Java dengan mengadakan program penghijauan mangrove di pesisir Surabaya yang gencar dilakukan oleh para komunitas Earth Hour di Jawa Timur.

Masih seputar melawan perubahan iklim melalui penghijauan, komunitas Earth Hour Balikpapan melakukan aksi penyelamatan mangrove melalui program bertemakan #SatriaMangrove, sedangkan komunitas Earth Hour Denpasar mengusung tema Mangrove for Love dengan menggelar aksi untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap keberadaan mangrove.

Sedangkan wilayah Kalimantan beraksi untuk melawan kabut asap dan Aceh mengajak penduduknya untuk peduli terhadap keberadaan gajah Sumatera yang terancam punah melalui kampanye #UseYourPower Help the Sumatran Elephants.

Aksi kampanye global ini terinspirasi oleh sebuah even lights-off di Sidney pada tahun 2007 yang kemudian yang digagas oleh World Wildlife Fund (WWF) menjadi Earth Hour. Hingga sekarang, aksi ini diikuti oleh lebih dari 7000 kota di berbagai penjuru dunia dan merupakan organisasi amal yang berbasis di Singapura.

Earth Hour memang merupakan even tahunan, namun waktunya tidak menentu. Yang jelas selalu diadakan pada bulan Maret setiap tahunnya. Kamu bisa update mengenai waktu pelaksanaannya melalui situs resmi www.earthhour.org

Rasanya gak susah untuk ikut berpartisipasi melawan perubahan iklim dunia dengan mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak terpakai selama satu jam. Cuma sejam aja kok guys, gak lebih dari dari 60 menit. So, jangan lupa tunjukkan #IniAksiku di Earth Hour pada hari Sabtu, 19 Maret 2016 pukul 20.30-21.30 di masing-masing waktu setempat. Show your action to save our Planet, our future!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *