Hari Kanker Dunia 2016: We Can I Can

world-cancer-day

We Can I Can menjadi tema yang dipilih untuk Hari Kanker Dunia pada 4 Februari 2016, sekaligus menandai 10 tahun kampanye global awareness mengenai kanker. Tujuan kampanye kali ini adalah sebagai bukti bahwa setiap orang bisa membuat perubahan dalam memerangi penyakit kanker.

Hari Kanker Dunia merupakan bagian dari World Cancer Campaign, yang diadopsi dari World Summit Against Cancer for the New Millennium pada 4 Februari 2000 lalu. Selanjutnya Hari Kanker Dunia yang pertama diresmikan pada 4 Februari 2006 dan berlangsung setiap tahunnya hingga tahun 2016 ini.

Tema tahun ini We Can I Can digunakan sebagai seruan kepada masyarakat dunia bahwa setiap orang bisa berperan dalam melawan kanker, sebagai contoh:

We Can

– Hentikan berbagai mitos yang menyebabkan stigma terhadap pasien kanker.
– Mendorong sekolah untuk mendidik anak-anak tentang cara mencegah kanker.
– Meminta pemerintah untuk meningkatkan pendanaan bagi fasilitas pengobatan kanker.

I Can

– Berhenti merokok untuk selamanya.
– Pelajari tentang tanda-tanda dan gejala yang terkait dengan kanker.
– Kembali bekerja setelah menjalani pengobatan kanker, sebagai bukti bahwa pasien kanker tetap kuat.

Tema Hari Kanker Dunia 2016 ini menginspirasi Cancer Research UK untuk ikut serta dengan membikin tema We Can Do Something About Cancer. Organisasi asal Inggris ini mempromosikan Unity Bands, dua buah tali berwarna yang bisa diikatkan pada pergelangan tangan sebagai lambang saling berangkulan untuk melawan kanker. Mereka memiliki tujuan untuk menjual Unity Bands sebanyak mungkin guna menggalang dana untuk pengobatan kanker.

So, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan mewaspadai dan mengenali gejala-gejala kanker sedini mungkin karena kanker tidak memandang usia dan jenis kelamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *