10 Ide Kreatif Mendaur Ulang Buku Usang

reuse book

Buku-buku lama yang sudah tak terpakai biasanya akan jarang dijamah atau bahkan dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya. Meski memenuhi tempat, tentunya si pemilik juga tak rela untuk membuangnya begitu saja.

Mendonasikan buku bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus, tetapi ketika kamu memiliki jumlah buku yang sangat banyak, hal tersebut akan menyulitkanmu. Daripada buku-buku tersebut usang dan dimakan rayap atau rusak begitu saja, cobalah beberapa ide kreatif untuk mendaur ulang buku usang berikut ini.

Dompet

dompet buku
(via brit.co)

Cover buku tebal bisa disulap menjadi dompet cantik untuk membawa barang-barang kecil yang penting, seperti uang, kartu identitas dan ponsel. Kamu tinggal menambahkan kain dan ritsleting yang bisa direkatkan dengan lem. Dompet ini bisa kamu tenteng saat hangout bersama teman maupun kondangan.

Bunga Tangan

(via realsimple)
(via realsimple)

Ngomong-ngomong soal kondangan, lembaran-lembaran buku yang sudah tak terpakai bisa menjadi pilihan unik untuk dijadikan bunga tangan (hand bouquet) yang tak kalah cantik dengan bunga tangan yang lazim digunakan.

Kotak Perhiasan

(via sincerelykinsey)
(via sincerelykinsey)

Kamu tinggal memotong lembaran-lembaran kertas di buku usang hingga membentuk sebuah lubang dan merekatkan setiap lembarnya dengan lem agar menyatu, maka jadilah sebuah kotak perhiasan yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai pernak pernik kecilmu.

Pot

(via crafthubs)
(via crafthubs)

Kamu yang suka bertanam, cobain bikin pot untuk tanaman koleksi kecilmu, seperti succulent atau kaktus. Sama seperti kotak perhiasan dari buku, kamu tinggal melubangi bagian dalam buku dengan ukuran yang kamu inginkan, lalu tempatkan tanamanmu beserta media tanamnya. Pot buku ini cocok kamu tempatkan di dalam ruangan maupun luar ruangan yang terlindung dari guyuran hujan.

Hiasan dinding

(via etsy)
(via etsy)

Buang punggung buku-buku yang sudah tak terpakai lagi, lalu buka dengan berbagai sudut, lalu tempelkan ke dinding untuk dirangkai menjadi bentuk yang diinginkan. Untuk mendapatkan bentuk menyerupai ayam seperti dalam gambar, lihat masing-masing besar sudut buku yang terbuka.

Garland

thenesterdotcom
(via thenester)

Memanfaatkan kertas-kertas dari buku usang yang tak terpakai untuk membuat garland. Gunting kertas-kertas tersebut dengan berbagai bentuk dan susun sesuai keinginan. Tempatkan garland tersebut untuk menghiasi lemari, dinding maupun jendela.

Hiasan Lampu

(via blogspot)
(via blogspot)

Membuat hiasan lampu dengan memanfaatkan buku usang bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik ruangan. Kamu bisa mengaplikasikan dengan menggunting kertas-kertasnya maupun dalam bentuk buku utuh yang sudah dilepas covernya.

Bingkai foto

(via pinterest)
(via pinterest)

Sama seperti langkah untuk membuat kotak perhiasan dan pot, kamu tinggal membuat lubang di dalam buku, lalu tempatkan foto di dalamnya.

Kartu Ucapan

kartu ucapan buku
(via popsugar)

Gunting kertas-kertas dari buku usang hingga membentuk potongan yang unik, misalnya bentuk hati, orang, bunga, dll. Tempelkan potongan tersebut di atas selembar kertas karton polos seukuran kartu pos. Kamu bisa menggunakannya sebagai kartu ucapan bagi orang-orang terdekat yang sedang merayakan hari spesial mereka. Bisa juga kamu mengirimkannya melalui pos di saat hari-hari tertentu, seperti lebaran, natal, hari ibu, dll. Meski sekarang ini jamannya digital, pastinya yang menerima akan merasa senang mendapatkan kartu pos handmade ini.

Pohon Buku

(via greenmoxie)
(via greenmoxie)

Membikin pohon natal dari tumpukan buku ini bisa menjadi satu ide unik bagi yang merayakan Natal. Susun buku-buku yang sudah tak terpakai hingga setinggi yang diinginkan, lalu hiasi dengan lampu-lampu kecil dan pernik-pernik pohon natal lainnya. Meski berbeda dari pohon natal biasanya, bookmas tree ini tetap bisa menambah seru perayaan Natal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *